by

Kalahkan Pesaing, Fuso Fighter Unggul dengan Runner

Industri tambang diyakini akan menciptakan sektor logistik menjadi salah satu penompang laju pertumbuhan pemasaran kendaraan komersial. Kebutuhan kendaraan komersial untuk sektor logistik dinilai melalui dua aspek utama yakni berat muatan dan volume muatan. Para pelaku usaha tentunya akan mencari kendaraan penunjang dengan efisiensi tinggi seperti truk yang memiliki kedua aspek tersebut yang mampu menjadi penompang industri mereka.

Medan persaingan truk-truk medium pun semakin panas dan sengit dalam menciptakan produk truk paling tangguh di Indonesia. Segala usaha dilakukan untuk meraup pasar sebanyak-banyaknya demi mencapai target. Banyak pemain yang berkecimpung dalam bisnis ini, ada Hino, UD Trucks, Isuzu, hingga Mitsubishi. Masing-masing menciptakan truk terbaiknya agar dapat bersaing di pasaran.

Januari lalu, Mitsubishi meluncurkan truk Fuso setelah satu tahun pengembangan truk kelas medium yang diberi nama Mitsubishi Fuso Fighter FN61M 2019. Nama “Fighter” dipilih dengan harapan dapat menjadi petarung yang tangguh dalam menghadapi sengitnya persaingan produk truk medium brand lain.

Sebelumnya, Mitsubishi memiliki Fuso varian lama, kemudian untuk seiring berjalannya waktu, Mitsubishi mengeluarkan varian Fuso Fighter. Perubahan yang terlihat dari luar truk fuso terdahulu adalah tampilan depan truk yang berbentuk kotak kemudian didesain ulang pada Fighter dengan tampilan agak membulat yang membuat agak lebih manis. Tak hanya bentuknya saja, Fighter juga memiliki lampu depan yang otomatis menyinari salah satu sudut jalan ketika setir dibelokkan. Tak hanya itu, standar emisi yang diusung truk ini sudah menggunakan standar emisi Euro 4., walaupun memang belum terlalu efektif penggunaannya di Indonesia karena kualitas solar masih mengandung sulfur tinggi. Setidaknya Fighter sudah memulai langkah untuk emisi ramah lingkungan.

Keunggulan utama Mitsubishi yang belum digagas produsen lain adalah fitur aplikasi Runner. Aplikasi ini pertama kali dipopulerkan di Indonesia. Runner berfungsi sebagai detektor lokasi yang dapat membaca pergerakan truk yang sedang dikemudikan oleh supir truk. Aplikasi ini berguna untuk penilaian kinerja supir truk, karena mulai dari pengaturan pendistribusian, jarak yang ditempuh, gaya mengemudi, jadwal perawatan berkala, hingga konsumsi bahan bakar dapat dipantau melalui Runner. Jadi, Fighter sangat cocok untuk transportasi pendistribusian barang.

News Feed