by

Inilah 6 Faktor yang Menyebabkan Gangguan Pendengaran

Banyak orang yang sering kali mengalami masalah ketika diajak berkomunikasi, seperti diantaranya adalah lambat dalam merespon bahkan juga sering kali mengulangi apa yang baru saja ditanyakan tersebut. Hal ini sebenarnya merupakan ciri-ciri gangguan pendengaran. Sifatnya memang ada yang sementara dan bisa membaik atau sembuh lagi. Namun juga tidak jarang yang sifatnya adalah permanen, tentunya akan sangat menganggu aktivitas komunikasi yang dilakukan sehari-hari bukan.

Lalu sebenarnya apa saja faktor yang menjadi penyebab gangguan pendengaran ini, berikut yang wajib untuk Anda kenali dan juga waspadai, diantaranya adalah:

  1. Usia, faktanya memang semakin bertambahnya usia maka hal ini bisa menyebabkan kemampuan gendang telinga di dalam menangkap gelombang suara menjadi turun, sehingga menyebabkan kemampuan mendengarkan juga akan berkurang, hal semacam ini umumnya disebut sebagai psebikusis.
  2. Suara yang keras, terlalu sering mendengarkan volume suara yang keras, baik itu karena tinggal di lingkungan yang kurang kondusif atau memang sudah menjadi kebiasaan bisa menjadi faktor penyebab gangguan pada pendengaran.
  3. Terjadi infeksi atau penumpukan kotoran, memang pada dasarnya kotoran telinga bisa keluar sendiri melalui gerakan sehari-hari seperti mengunyah atau menguap, namun ada kalanya juga harus dibersihkan ke dokter khusus THT untuk mencegah terjadinya infeksi, apalagi untuk kotoran yang terkadang mengering di ringga telinga.
  4. Penyakit, memiliki riwayat penyakit seperti jantung, hipertensi bahkan juga diabetes melitus ternyata juga memiliki resiko menyebabkan telinga berkurang kemampuan dalam mendengarnya.
  5. Trauma, kecelakaan yang menyebabkan tulang telinga menjadi retak atau mungkin menyebabkan gendang telinga pecah bisa memicu gangguan pada pendengaran ini.
  6. Pemakaian obat-obatan tertentu, beberapa jenis obat seperti diantaranya adalah aspirin, antibiotik dan obat yang digunakan untuk kemoterapi sering kaki bisa menyebabkan gangguan pendengaran pada telinga yang sifatnya adalah sementara.

Jika sudah memiliki masalah dengan gangguan pendengaran ini biasanya ada sebagian yang dapat dibantu menggunakan alat bantu dengar. Beli produknya secara lengkap hanya di Pusat Alat Bantu Dengar Melawai, cek langsung disini https://pusatalatbantudengarmelawai.com/.

News Feed