by

Dokter Spesialis Urologi di Tangerang: 5 Jenis Penyakit Urologi yang Rentan Menyerang Pria

Masalah kesehatan yang dialami oleh seseorang dan berhubungan dengan ginjal kemudian juga kandung kemih hingga prostat dapat dikatakan sebagai penyakit urologi, hal ini membutuhkan penanganan secara khusus oleh dokter spesialis urologi di Tangerang maupun daerah-daerah lainnya. Karena memang pada dasarnya Anda bisa dengan mudah menemukan dokter spesialis urologi ini di beberapa rumah sakit besar. Hanya saja mungkin tidak semuanya benar-benar ahli dalam mengobati kondisi kesehatan tersebut.

Bagian urologi ini memang memiliki fungsi yang sangat penting di dalam tubuh, seperti diantaranya adalah untuk mengeluarkan atau membuang zat-zat sisa hasil dari penyaringan darah oleh ginjal yaitu urine. Urine ini berisi berbagai macam zat sisa yang juga bersifat racun, sehingga jika sampai tidak dikeluarkan tentunya akan berbahaya bagi tubuh. Bahkan untuk orang-orang yang menderita penyakit seperti diantaranya adalah gagal ginjal harus tetap rutin melakukan cuci darah atau hemodialisa agar bisa tetap bertahan hidup.

Masalah pada urologi umumnya memang dapat diderita oleh siapa saja, mulai diantaranya adalah wanita bahkan juga pria. Namun pada pria sendiri resikonya memang lebih tinggi. Bahkan tidak hanya pada pria dewasa, melainkan juga sangat mungkin terjadi pada anak-anak. Berikut ini diantaranya penyakit-penyakit urologi yang sering kali dialami oleh pria dan hendaknya juga harus diwaspadai, yaitu:

  1. Infertilitas atau ketidaksuburan, ini adalah kondisi kesehatan yang sangat berhubungan dengan sistem reproduksi, dimana nantinya pria tidak akan bisa menghasilkan sperma yang membuahi sel telur bahkan tidak bisa mendapatkan keturunan, kondisi yang sangat berbahaya bukan. Penyebabnya sendiri bisa karena kanker yang terdapat di bagian testis, jika sudah semacam ini maka resikonya juga bisa kematian.
  2. Hematuria, ini adalah masalah kesehatan yang dapat dideteksi secara mudah, yaitu melihat warna air seni, karena penderita hematuria ini biasanya akan kencing disertai dengan darah. Disebabkan oleh gangguan yang terjadi pada kandung kemih ataupun juga ginjal, bisa juga terjadi karena pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh Anda.
  3. Pembesaran prostat, umumnya pria yang sudah memasuki usia 40 tahun ke atas sering kali mengalami kondisi semacam ini, dimana ukuran prostat membesar sehingga membuatnya kesulitan di dalam buang air kecil atau sebaliknya, pembesaran pada prostat ini nantinya akan menekan saluran kemih yang membuat Anda merasakan ingin buang air kecil secara terus menerus.
  4. Disfungsi ereksi, terjadi penurunan libido pada kaum pria yang membuatnya tidak dapat mengalami ereksi. Tentunya akan berdampak juga pada hubungan rumah tangga Anda bersama dengan pasangan. Sehingga nantinya Anda harus melakukan konsultasi dengan dokter dan menemukan pengobatan yang tepat untuk mengatasi masalah atau kondisi tersebut.
  5. Kanker prostat, penyakit kanker prostat ini juga rentan menyerang pria yang sudah memasuki usia di atas 40 tahunan, sehingga harus rutin melakukan pemeriksaan ke dokter, biasanya mereka akan mengukur kadar PSA yang ada di dalam tubuh. Digunakan untuk memprediksi keberadaan atau resiko dari kanker prostat. Jika seandainya kadar PSA yang ada di dalam tubuh rendah, maka resiko kanker prostat juga rendah, namun jika seandainya tinggi harus mulai melakukan upaya pencegahan agar tidak sampai terkena penyakit ini.

Menemukan dokter spesialis urologi di Tangerang terbaik juga bukan hal yang mudah dilakukan, Anda harus memperbanyak referensi terlebih dahulu, diantaranya sekarang lebih mudah mencari rekomendasinya secara online.

News Feed