by

Bunda, Inilah Hal yang Wajib Dipersiapkan Untuk Memandikan Bayi

Memandikan bayi memiliki cara khusus yang harus diketahui orang tua. Seperti yang anda tau, bayi sangat sensitif, sehingga untuk memandikannyapun perlu alat-alat yang harus steril dan tidak membahayakan kesehatan kulitnya. Anda harus cermat dalam memilih peralatan-peralatan mandi bayi anda, termasuk sabun yang digunakan untuk mandi bayi, gunakan sabun bayi anti iritasi yang khusus.

Berikut peralatan yang harus anda persiapkan untuk memandikan bayi anda.

  1. Ember khusus untuk tempat mandi bayi.
  2. Siapakan handuk untuk bayi.
  3. Jika perlu washlap gunakan washlap yang lembut
  4. Gunakan Sabun bayi khusus agar kesehatan kulit bayi aman.
  5. Cream bayi jika perlu. Gunakan diaper cream bayi yang khusus, cream ini membantu melembabkan kulit bayi apabila kulit bayi kering. Untuk sabun dan cream bayi anda bisa menggunkan produk Sleek Baby.
  6. Persiapkan pakaian atau popok bayi. Persiapkan pula tempat yang digunakan untuk meletakkan bayi saat mengganti pakaiannya.

Jika semua peralatan tersebut sudah anda persiapkan, yang harus anda persiapkan selanjutnya adalah tahapan untuk memandikan bayi. Bagaimana tahapannya?

  1. Lebih baik memandikan bayi dengan air hangat, agar bayi tidak kedinginan. Suhu air kira–kira 32 derajat celcius. Tuangkan air hangat tersebut kedalam ember.
  2. Setelah pakaian bayi sudah dibuka, anda bisa meletakkan bayi ke lengan kiri anda untuk menopang kepala dan tubuh bayi. Masukkan bayi kedalam ember berisi air hangat tersebut secara perlahan agar bayi tidak kaget dengan perubahan suhu yang ada.
  3. Anda bisa menggayuhkan air ke tubuh bayi menggunakan tangan kanan anda. Setelah tubuh bayi basah, mulailah membersihkan bagian mata bayi, lalu bagian hidung, dan dilanjutkan ke seluruh wajah dan tubuh bayi.
  4. Tuangkan sabun bayi anti iritasi secukupnya saja, lalu anda bisa mengusapkan keseluruh tubuh bayi. Perlu hati-hati saat menyabun bagian wajah bayi.
  5. Siram seluruh tubuh bayi secara perlahan dan langsung seka dengan washlap.
  6. Lalu tinggal mengganti pakaian si bayi dengan meletakkan pada tempat yang sudah anda persiapkan.

Anda harus tetap hati-hati saat memandikan bayi, jangan salah melakukan hal yang dapat membahayakan kesehatan bayi anda.

News Feed