by

4 Produk Keuangan yang Wajib Dimiliki Milenial Agar Hidup Terarah

Generasi milenial atau yang sering disebut Generasi Y, adalah generasi yang identik dengan stereotip senang traveling, cenderung boros untuk gaya hidup, sekaligus kurang memikirkan masa depan. Apakah benar begitu, dear milenial?

Satu yang pasti, generasi milenial saat ini sedang ada pada usianya yang produktif dan menghasilkan. Mungkin ada yang masih melanjutkan pendidikan sambil bekerja, ada yang sedang asyik-asyiknya merintis karir dan menikmati jerih payah bisnis, atau mungkin ada juga yang sudah mapan dan bebas secara finansial.

Hidup dalam lingkungan yang lebih dinamis dan melek teknologi, sedikit banyak tentu berpengaruh pada gaya hidup milenial yang cenderung konsumtif. Bagaimana tidak, tuntutan pergaulan hingga terpapar dengan beragam macam iklan dan tawaran menarik dari di gadgetnya setiap hari, tentu bisa menumbuhkan hasrat beli dan konsumsi yang lebih tinggi lagi. Jika tidak diimbangi dengan manajemen keuangan yang baik, bisa jadi bumerang untuk masa depan.

Boleh aja beli ini dan itu yang dimau, asalkan kamu sudah punya dan lebih dulu mengalokasikan dana dari penghasilan untuk empat produk keuangan ini ya.

Asuransi Kesehatan

Kalau hasrat berbelanja sedang membuncah, coba berhenti sejenak lalu pikirkan kembali, apakah saat ini kamu sudah punya asuransi kesehatan yang memadai? Atau, apakah premi bulanan ini sudah dibayarkan? Nah, jika belum, yuk segera daftar asuransi kesehatan sekarang juga dan jangan sampai menunggak preminya.

Sebab, kesehatan adalah hal yang tidak bisa ditawar lagi dan sangat mahal harganya. Tidak ada yang bisa prediksi kapan kamu akan jatuh sakit. Jadi, sangat perlu untuk dijaga dan dipersiapkan kebutuhannya sejak dini. Ketika jatuh sakit dan harus mendapat perawatan khusus di rumah sakit, dengan adanya asuransi kesehatan, kamu tidak perlu lagi pusing perkara biayanya. Sakit tetap terurus, kondisi keuangan tetap sehat.

Digital Banking & e-Wallet

Di era cashless society seperti sekarang ini, banyak produk e-wallet dan juga digital banking yang bermunculan dengan keunggulannya masing-masing. Ini juga termasuk produk keuangan wajib yang dimiliki oleh milenial. Bukan untuk gaya-gayaan yang pasti, tapi untuk mengatur arus keuangan menjadi lebih tertata sekaligus berhemat.

Apabila saat ini rekening bank kamu belum terhubung ke akses digital seperti mobile atau internet banking, tidak ada salahnya untuk membuat akunnya sekarang ke bank yang bersangkutan. Sebab, dengan adanya akses mobile dan internet banking ke rekening, kamu bisa dengan mudah memantau pengeluaran dan pemasukan kapan saja tanpa perlu repot cetak buku tabungan atau ke ATM. Beberapa digital banking ada juga yang memberikan fitur pengelola keuangan dan tabungan untuk tujuannya masing-masing. Misal: dana untuk liburan, dana untuk kebutuhan sehari-hari, dana tabungan, dan sejenisnya.

Sementara untuk e-wallet, kamu juga bisa memanfaatkannya untuk berhemat pengeluaran. Beberapa e-wallet populer di Indonesia saat ini sedang gencar menjalankan promo cashback besar-besaran. Jika digunakan dengan bijak, pengeluaran makan dan belanja bisa terpangkas lebih banyak, lho.

Akses Kredit

Bagai pisau bermata dua, akses kredit dapat mempermudah transaksi dan aneka pembayaran namun di sisi lain juga bisa menjerumuskan apabila digunakan secara impulsif. Maka dari itu, apabila kamu mau punya akses kredit, pilih yang sesuai dengan kebutuhan agar penggunaannya tepat sasaran. Misal, kamu suka jalan-jalan. Maka kartu kredit khusus traveling bisa jadi pilihan. Sebab, promo yang ditawarkan kartu kredit biasanya disesuaikan dengan jenis kartunya. Begitu juga kalau kamu suka belanja, maka pilih kartu kredit khusus belanja yang banyak memberikan promo atau reward untuk transaksi di supermarket, minimarket, dan sejenisnya.

Bagi kamu yang mau punya akses kredit untuk bisa cicilan, kamu bisa pilih akses kredit instan sekaligus pinjam dana online dari Kredivo. Berbeda dengan kartu kredit bank, dengan Kredivo, kamu hanya perlu membayar tagihan apabila kamu melakukan transaksi. Tidak ada biaya kartu, iuran bulanan, ataupun annual fee seperti kartu kredit. Sebab, Kredivo adalah akses kredit digital atau online yang menggunakan platform aplikasi dalam pendaftaran dan transaksinya.

Bagi pengguna Premium, Kredivo memberikan limit maksimal hingga Rp 30 juta. Selain itu, akses kredit untuk pengguna Premium juga beragam: mulai dari cicilan barang sampai pinjaman dana tunai. Cicilan barang berlaku untuk transaksi pembelanjaan minimal Rp 1 juta di 250 lebih merchant atau marketplace mitra Kredivo seperti Bukalapak, Tokopedia, Shopee, Lazada, Blibli, JD.id, Bhinneka, dan yang lainnya. Tersedia tenor mulai 3 bulan, 6 bulan, hingga 12 bulan untuk cicilan tanpa uang muka, dengan suku bunga 2,95% per bulan.

Untuk pinjam dana tunai, Kredivo menyediakan dua opsi bagi pengguna Premium, yaitu pinjaman mini atau pinjaman jumbo. Lewat fitur ini, kamu bisa mencairkan limit di akun Kredivo menjadi pinjaman dana tunai. Pinjaman mini berlaku untuk pengajuan minimal Rp 500 ribu sedangkan pinjaman jumbo berlaku untuk pengajuan minimal Rp 1 juta ke atas. Tenor yang tersedia untuk pinjaman mulai dari 30 hari, 3 bulan, dan maksimal 6 bulan.

Tabungan Pensiun & Investasi 

Bagi milenial, kata pensiun mungkin merupakan kata yang masih jauh dari realita. Namun, perlahan tapi pasti, waktu bergerak, umur bertambah, hingga akhirnya kamu memasuki kepala 4 atau bahkan 5, lho! Di rentang umur tersebut, tentu saja produktivitas akan semakin menurun sebab kondisi fisik tidak lagi seprima di usia 20 atau 30-an. Di sinilah tabungan pensiun ataupun hasil investasi bisa berfungsi untuk menopang kehidupanmu di usia lanjut.

Maka dari itu, jangan dianggap remeh, yuk persiapkan tabungan pensiun dan juga produk investasi dari sekarang. Instrumen investasi tidak melulu soal saham, tapi juga bisa berupa deposito, tabungan berjangka, reksa dana hingga membangun bisnis sampingan dari sekarang. Dengan memiliki tabungan pensiun dan investasi sejak dini, kehidupan dan masa depan kamu bisa jadi lebih terarah.